RPS
MATA KULIAH
JURUSAN S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : Konsep Dasar
IPA
Pengampu mata kuliah : A Indra Nihlah Annashih, S.Pd. M.Pd.
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah/ Kompetensi
1. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, religius,
dan berperilaku ilmiah (peduli, jujur, tanggung jawab, teliti, percaya diri,
tekun, santun, menghargai orang lain, dan rasa ingin tahu).
2. Menguasai
substansi dan metodologi dasar IPA yang berhubungan dengan konsep kalor dan perpindahan,
zat, serta getaran.
3. Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, menganalisis, mengambil
keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja,
dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kosep IPA dalam
kehidupan sehari-hari.
Deskripsi
Mata Kuliah
Melakukan pengamatan dan pemecahan
masalah yang terkait dengan substansi dan metodologi dasar IPA yang berhubungan
dengan kalor dan perubahan, zat serta getaran, menyajikan laporan,
mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan
IPA.
Referensi
1. Giancoli,
D.C. 1995. Physics. New Jersey:
Prentice Hall
2. Halliday,
D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan:
Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3. McLaughlin,
Charles W & Thomson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York : Glencoe/
McGraw-Hill
4. Suryanti,
dkk. 2003. Konsep Dasar IPA-Fisika SD. Surabaya:Unipress.
Pertemuan
Ke 2
|
||
Kemampuan Akhir
|
:
|
Mendeskripsikan, memahami suhu
dan alat ukur serta penerapannya dalam kehidupan.
|
Indikator
|
:
|
-
Mahasiswa dapat
mendeskripsikan pengertian suhu
-
Mahasiswa dapat menjelaskan
jenis-jenis alat ukur suhu
-
Mahasiswa dapat
mendeskripsikan sistem kerja termometer
-
Mahasiswa dapat
mengkaji pengaruh suhu dan pemanfaatan termometer dalam kehidupan
|
Bahan Kajian
|
:
|
Suhu dan Alat Ukur
|
Pendekatan/Metode/Model/Strategi
Pembelajaran
|
:
|
- Pembelajaran
Berbasis Masalah
- Diskusi
- Tanya
jawab
- Penugasan
- Presentasi
- Demonstrasi
|
Sumber Belajar Media
|
:
|
1.
Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall
2.
Halliday, D.,
Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan:
Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3.
McLaughlin, Charles W
& Thomson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York : Glencoe/
McGraw-Hill
4.
Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA-Fisika SD. Surabaya:Unipress.
|
Waktu
|
:
|
4 x 50
|
Pengalaman Belajar
|
:
|
-
Melakukan percobaan
sederhana
-
Mendiskusikan sistem
kerja termometer
|
Strategi Penilaian
|
:
|
Tes
|
Bentuk Penilaian
|
:
|
Tes tulis
|
Instrumen Penilaian
|
:
|
Soal uraian
|
Kriteria Penilaian
|
:
|
Sesuai kunci jawaban
|
No comments:
Post a Comment