Wednesday 30 October 2019

RPS MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA JURUSAN S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

RPS MATA KULIAH
JURUSAN S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata Kuliah                  : Konsep Dasar IPA
Pengampu mata kuliah : A Indra Nihlah Annashih, S.Pd. M.Pd.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah/ Kompetensi
1.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, religius, dan berperilaku ilmiah (peduli, jujur, tanggung jawab, teliti, percaya diri, tekun, santun, menghargai orang lain, dan rasa ingin tahu).
2.    Menguasai substansi dan metodologi dasar IPA yang berhubungan dengan konsep kalor dan perpindahan, zat, serta getaran.
3.    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, menganalisis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kosep IPA dalam kehidupan sehari-hari.

Deskripsi Mata Kuliah
Melakukan pengamatan dan pemecahan masalah yang terkait dengan substansi dan metodologi dasar IPA yang berhubungan dengan kalor dan perubahan, zat serta getaran, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan IPA.

Referensi
1.    Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall
2.    Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3.    McLaughlin, Charles W & Thomson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York : Glencoe/ McGraw-Hill
4.    Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA-Fisika SD. Surabaya:Unipress.


Pertemuan Ke 2
Kemampuan Akhir
:
Mendeskripsikan, memahami suhu dan alat ukur serta penerapannya dalam kehidupan.
Indikator
:
-  Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian suhu
-  Mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis alat ukur suhu
-  Mahasiswa dapat mendeskripsikan sistem kerja termometer
-  Mahasiswa dapat mengkaji pengaruh suhu dan pemanfaatan termometer dalam kehidupan
Bahan Kajian
:
Suhu dan Alat Ukur
Pendekatan/Metode/Model/Strategi Pembelajaran
:
-   Pembelajaran Berbasis Masalah
-   Diskusi
-   Tanya jawab
-   Penugasan
-   Presentasi
-   Demonstrasi
Sumber Belajar Media
:
1.      Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall
2.      Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3.      McLaughlin, Charles W & Thomson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York : Glencoe/ McGraw-Hill
4.      Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA-Fisika SD. Surabaya:Unipress.
Waktu
:
4 x 50
Pengalaman Belajar
:
-     Melakukan percobaan sederhana
-     Mendiskusikan sistem kerja termometer
Strategi Penilaian
:
Tes
Bentuk Penilaian
:
Tes tulis
Instrumen Penilaian
:
Soal uraian
Kriteria Penilaian
:
Sesuai kunci jawaban

No comments:

Post a Comment